Copyright © rooMMate's
Design by Dzignine
Rabu, 04 Juli 2012

Lomografi adalah ....


Lomografi adalah ....

Lomografi adalah sebuah bagian dari teknologi fotografi analog yang menggunakan kamera khusus yang disebut dengan kamera LOMO. LOMO merupakan singkatan dari "Leningradskoye Optiko-Mechanichesckoye Obyedinenie" (Penggabungan Mekanis Optik Leningrad). Nama tersebut diambil dari nama pabrikan lensa yang berada di St. Petersburg, Rusia. Pabrik tersebut memproduksi lensa untuk alat-alat kesehatan , alat-alat persenjataan, dan lensa kamera. Di Austria, pabrikan tersebut banyak menginpirasi merek dagang komersil untuk produk yang berkaitan dengan fotografi. Merek dagang tersebut bernama Lomographische AG. Kamera lomografi masih menggunakan film gulung sehingga disebut sebagai fotografi analog sedangkan fotografi modern sudah menggunakan teknologi digital dalam pengambilan gambar maupun pengolahannya. pencinta lomografi dan gemar mengambil foto menggunakan kamera LOMO disebut sebagai "lomografer".

 

Lomografi sekarang termasuk dalam teknik fotografi. Dalam teknik fotografi konvensional, banyak aturan baku yang harus dipatuhi seperti kecepatan rana, ISO, dan bukaan lensa untuk menciptakan sebuah foto yang baik. Sementara itu dalam lomografi aturan-aturan tersebut cenderung untuk diabaikan. Lomografi lebih menekankan untuk menghasilkan foto-foto yang unik sehingga hasilnya pun subyektif. 
Dalam perkembangannya, Lomografi mulai merumuskan ide - ide baru, slah satunya, Aturan Emas. Komunitas Lomografi merumuskan 10 aturan emas (golden rules) bagi orang-orang yang ingin mengambil gambar menggunakan kamera lomografi. Aturan tersebut adalah:
  1. Bawalah kamera Lomo anda kemanapun anda pergi, karena dimana pun anda dapat menemukan obyek foto yang tak terduga.
  2. Pakailah kamera Lomo anda tanpa batas. Pakai kamera Lomo anda baik siang maupun malam, kapan saja di berbagai situasi dan kondisi.
  3. Jadikanlah Lomografi sebagai bagian dari diri anda dan nikmatilah waktu anda memotret suatu obyek dengan kamera Lomo.
  4. Shoot from the hip. ( Ambil gambar dari pinggul )
  5. Dekati obyek foto anda sedekat mungkin selain karena kamera Lomo umumnya tidak ada zoom, harus ada feel tersendiri antara anda dengan obyek foto.
  6. Jangan berpikir, gunakan hati dan penglihatan anda.
  7. Cepat dalam memotret suatu obyek foto, anda tidak perlu banyak berpikir/berteknik
  8. Anda tidak perlu terlalu memikirkan gambar seperti apa yang akan anda ambil.
  9. Anda juga tidak perlu memikirkan bagaimana hasil dari gambar yang telah anda ambil.
  10. Anda juga tidak perlu memikirkan bagaimana hasil dari gambar yang telah anda ambil.
house
Sekilas penjelasan membuat kita mengerti tentang lomografi. Lomografi mengajarkan kita tentang kesederhana'an juga bisa membuat kita dan sekitar menjadi indah. manfaatkan apa yang ada pada diri anda.
market

0 comments:

Posting Komentar